Budidaya lebah madu/ist

Sempat Terhenti, Madu Indonesia Kembali Diminati Negara Asing

Agrofarm.co.id-Awal pandemi, ekspor madu sempat terhenti beberapa bulan. Kini, madu asal Indonesia kembali diminati negara asing. Sebanyak 19,6 ton madu dengan nilai Rp 319 juta diperiksa Petugas Karantina Pertanian Batam wilayah kerja Pelabuhan Sekupang. Madu tujuan Singapura tersebut diangkut menggunakan kapal KM. LCT Ayu.

Perwakilan eksportir menjelaskan, beberapa waktu lalu memang sempat terhenti ekspor. Bukan karena tidak ada stok barang, tetapi memang permintaan dari negara tujuan yang tidak ada.

“Mungkin karena pandemi ini dan lockdown-nya negara tujuan. Sesuai permintaan, madu dikemas dalam bentuk botol yang sudah bermerk dan ada yang dalam bentuk dirijen. Untuk madu sendiri kami ambil dari luar Batam,” jelas dia dalam keterangan resminya, Jumat (16/10/2020).

Kepala Karantina Pertanian Batam, Joni Anwar menjelaskan, untuk menggiatkan ekonomi nasional, Karantina Pertanian Batam akan terus memfasilitasi ekspor komoditas pertanian agar produk pertanian Indonesia tetap diminati pasar global.

“Ini tentu saja menjamin komoditas pertanian kita bebas dari ancaman hama penyakit hewan karantina dan bebas dari organisme penganggu tumbuhan karantina,” kata dia. Puspa