Kopi Kerinci/ist

15,9 Ton Kopi Kerinci Akan Diekspor ke Belgia

Agrofarm.co.id-Kabupaten Kerinci dikenal memiliki potensi perkebunan yang luar biasa. Terbentang di atas ketinggian 1.600 mdpl, didukung dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi.

Selain teh dan tanaman hortikultura, kopi menjadi tanaman unggulan dari Kerinci. Kopi arabika kerinci, yang juga adalah penyandang gelar pemenang pertama dalam Kontes Kopi Spesialti Indonesia ke-9 Tahun 2017.

Karantina Pertanian Jambi melaksanakan monitoring terhadap komoditas kopi arabika kerinci sebagai tindak lanjut pendampingan terhadap program Gratieks, Gerakan Tiga Kali Ekspor oleh Kementerian Pertanian. Monitoring dilakukan dengan cara berkunjung ke Kelompok Tani KB yang akan berperan sebagai eksportir.

“Ekspor perdana kopi arabika kerinci akan dilaksanakan pada 27 Juli 2020 melalui Pelabuhan Talang Duku. Kopi yang akan diekspor adalah 15,9 ton dengan tujuan Belgia,” ungkap Guntur, Kepala Karantina Pertanian Jambi dalam saiaran persnya, Sabtu (18/7/2020).

Bupati Kerinci berkenan hadir untuk mendukung prospek dari potensi kopi arabika kerinci. Turut hadir juga dalam pertemuan tersebut beberapa instansi teknis terkait.

“Bawa nama Indonesia khususnya Kabupaten Kerinci di mata dunia melalui kopinya. Jangan lupa juga untuk tetap jaga kualitas, agar produk kita bisa diterima dan bersaing dengan negara lain,” tutur Adirozal, Bupati Kerinci.

Tahukah SobatQ, dalam kopi arabika terkandung asam pantotenat, mangan, kalium, riboflavin, niasin, dan magnesium yang bisa menjaga stamina tubuh. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *