Pasar Tradisional/ist

Pulihkan Sektor Perdagangan, Kemendag Komit Tangani Pasar Tradisional

Agrofarm.co.id-Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berkomitmen menangani pasar rakyat dan memulihkan sektor perdagangan atas dampak pandemi Covid-19. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memastikan, Kementerian Perdagangan akan terus menerjemahkan visi pemerintah dalam menangani Covid-19 di sektor perdagangan.

Hal tersebut disampaikan Wamendag Jerry pada Rapat Kerja antara DPR RI dengan Kementerian Perdagangan serta Kementerian Koperasi dan UKM dalam membahas langkah-langkah mitigasi Covid-19.

Rapat kerja tersebut diadakan untuk membahas langkah-langkah yang adaptif dan responsif dalam menanganani Covid-19, khususnya dalam pemulihan ekonomi dan sosial yang terdampak cukup dalam. “Pemerintah telah menetapkan empat fokus pemulihan ekonomi yaitu pemulihan industri, pariwisata, dan investasi; reformasi sistem kesehatan nasional; reformasi sistem jaring pengaman nasional; serta reformasi sistem ketahanan bencana,” ungkap Jerry, Senin (29/6/2020).

Dalam penanganan Covid-19, DPR RI mengapresiasi Kementerian Perdagangan dalam persiapan penyelenggaraan tatanan kehidupan normal baru (new normal), kinerja perdagangan, serta pembahasan perjanjian perdagangan.

Anggota Komisi VI Andre Rosiade mengemukakan, persiapan new normal yang dilakukan Kementerian Perdagangan, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan di pasar rakyat dan pusat perbelanjaan relatif sangat baik. Persiapan dan sosialisasi new normal, terutama di pasar rakyat memberikan kontribusi penting bagi mitigasi ekonomi sekaligus kesehatan bagi rakyat.

Selain itu, DPR RI juga mengapresiasi penyelesaian perjanjian-perjanjian internasional. Kerja sama internasional penting meski di masa pandemi. Selain sebagai upaya untuk menjamin ketersediaan pasokan barang-barang esensial dalam bidang kesehatan, kerja sama internasional juga penting untuk memastikan pasokan kebutuhan masyarakat dan sebagai landasan bagi pembangunan ekonomi jangka panjang pascapandemi Covid-19.

Menanggapi hal itu, Jerry menyampaikan, pertemuan untuk membahas perjanjian perdagangan baik dalam level bilateral maupun unilateral terus dilakukan meski di masa pandemi ini.

Kementerian Perdagangan menyatakan, tahun depan strategi pemulihan ekonomi akan berfokus pada upaya akselerasi peningkatan ekspor dan penguatan pasar dalam negeri. Hal ini untuk menunjang produktivitas ekonomi rakyat sehingga kesejahteraan mereka yang terdampak Covid19 bisa segera pulih. Penguatan pasar dalam negeri dan akselerasi ekspor juga akan memperkuat struktur ekonomi dan daya saing Indonesia. Dian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *