Agung Sinulingga, National Sales Manager Bosch Automotive Aftermarket Division, Bosch di Indonesia; Dapot Sitanggang, Business Development Building Technology, Bosch di Indonesia; Anwar Rustanto, Senior Business Development Manager Bosch Rexroth di Indonesia; dan Dhuha Abdul Azis, Business Development Manager of Connected Solutions, Bosch di Indonesia; memaparkan solusi dan rangkaian teknologi pertambangan dari Bosch di ajang Mining Indonesia 2019 (19/9)

Solusi Pertambangan Cerdas, Aman, dan Terotomatisasi Bosch Tampilkan Teknologi Andal dan Efektif di Ajang Mining Indonesia 2019

Agrofarm.co.id-Bosch, perusahaan penyedia layanan dan teknologi global terkemuka, kembali berpartisipasi di Mining Indonesia 2019 dengan menampilkan teknologi inovatif dan peralatan yang andal untuk industry pertambangan di Indonesia. Indonesia terus menjadi pemain penting di industri pertambangan global dengan kontribusi yang tinggi dalam produksi batubara, tembaga, emas, timah, bauksit dan nikel.

Kontribusi industri pertambangan untuk total ekspor Indonesia meningkat sebesar 14 persen pada 2017 dan 16 persen pada 2018. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia mencatat pendapatan negara bukan pajak (PNBP) senilai 217,5 triliun rupiah dari sektor energi dan pertambangan sepanjang 2018 atau 53,4 persen dari total angka PNBP nasional tahun tersebut.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang positif dan stabil, didukung oleh kekayaan mineral dan bahan baku serta tenaga kerja yang semakin terampil dan kelas menengah yang tumbuh pesat, Bosch melihat potensi luar biasa untuk bisnisnya di Indonesia, kata Andrew Powell, Managing Director Bosch di Indonesia.

Bosch memiliki portofolio solusi penambangan yang luas untuk sistem dan komponen penggerak, sistem keselamatan dan keamanan yang komprehensif, produk aftermarket off-highway serta solusi pertambangan pintar. Semua solusi ini memastikan kemudahan penggunaan dan aplikasi bagi pelanggan kami, menjadikan operasi pertambangan jauh lebih produktif dan efisien, kata Powell.

Mobile hydraulics dan sistem penggerak yang efisien

Proyek penambangan membutuhkan sistem dan komponen penggerak agar alat berat dapat menghancurkan tanah. Bosch Rexroth, Divisi Drive and Control dari Bosch, menyediakan berbagai macam suku cadang dan mesin untuk pengaplikasian di industri pertambangan.

Dalam ajang Mining Indonesia 2019, Bosch Rexroth menampilkan beragam rangkaian pompa hidraulik dan mesin yang bertenaga untuk alat berat di industri pertambangan. Pompa utama, pompa kemudi, dan travel motor dari Bosch memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan dan mendorong efisiensi energi melalui desain yang kompak, terelektrifikasi dan terkoneksi. Sistem penggerak dan mesin hidraulik Hgglunds membutuhkan ruang yang jauh lebih sedikit dengan bobot dan kompleksitas yang minim – tetapi mampu memberikan daya yang andal serta fleksibel. Bosch Rexroth juga menyediakan komponen aftermarket dan penggantian untuk hidraulik alat berat yang telah digunakan oleh berbagai perusahaan mesin pertambangan besar, yang krusial dalam pemrosesan mineral dan penanganan bahan.

Keselamatan, keamanan dan sistem komunikasi untuk memastikan operasi pertambangan yang amanBuilding technology dari Bosch seperti alarm kebakaran dan sistem evakuasi suara, pengawasan video dan sistem kontrol akses memastikan deteksi dini keadaan darurat, kebakaran dan ancaman keamanan.

Pengawasan video Bosch dilengkapi dengan pengurangan suara dinamis cerdas bawaan, memungkinkan pengurangan bitrate hingga 80 persen tanpa menurunkan kualitas gambar. Alarm kebakaran dan evakuasi suara Bosch dapat dengan cepat mendeteksi, menemukan, memverifikasi dan mencegah peristiwa kebakaran, serta dapat secara otomatis memberi peringatan kepada petugas pemadam kebakaran di lokasi atau departemen pemadam kebakaran setempat sehingga penanganan kebakaran dapat dilakukan lebih cepat.

Sementara, Building Integrated System dari Bosch adalah solusi perangkat lunak yang mengelola berbagai subsistem keamanan seperti kontrol akses, pengawasan video, alarm kebakaran dan public address atau sistem intrusi dalam satu platform tunggal. Ini juga memungkinkan untuk integrasi pelanggan pihak ketiga, serta dilengkapi titik kontrol berbasis web tunggal untuk memantau semua sistem manajemen keamanan, keselamatan di fasilitas pertambangan.

Produk aftermarket off-highway berdaya tahan tinggi

Dalam pertambangan, keandalan sangat dibutuhkan. Setiap kerusakan atau perbaikan yang tidak terencana menyebabkan terhentinya kegiatan dan terbuangnya biaya. Produk Bosch disesuaikan untuk kendaraan khusus yang digunakan di lokasi pertambangan. Rangkaian produk Bosch di bagian automotive aftermarket termasuk aki, filter, busi untuk motor starter, bilah wiper dan bohlam ramah lingkungan yang mudah diganti, perawatan yang simpel, dan memiliki daya tahan tinggi.

Tahun ini, Bosch memperkenalkan T5 Mega Power Duty, aki yang kompatibel untuk kinerja alat berat. Material aktif dengan densitas tinggi pada aki ini meningkatkan kinerja yang diperlukan untuk penggunaan alat berat. Aki ini dirancang khusus untuk lingkungan kerja yang berat dengan penutup tahan benturan untuk daya tahan dan perlindungan. Alat penahan api bawaan dan mesin pemisah polyethylene dalam aki ini dapat mencegah ledakan serta korslet akibat penggunaan dalam waktu yang lama.

Business Development Building Technology, Bosch di Indonesia (kanan) berbincang dengan Dhuha Abdul Azis, Business Development Manager of Connected Solutions Bosch di Indonesia, menyampaikan rangkaian solusi keselamatan Bosch untuk pertambangan Indonesia, di ajang Mining Indonesia 2019

Solusi Pertambangan Cerdas

Solusi konektivitas membuka banyak kemungkinan dan peluang di industri pertambangan. Sebagai salah satu perusahaan IoT terkemuka, Bosch menawarkan solusi konektivitas lengkap untuk berbagai peralatan dan proses penambangan guna meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keselamatan operasi penambangan.

Salah satu solusi pertambangan terhubung dari Bosch adalah Smart Conveyor Belt yang memungkinkan penggunanya untuk memantau data secara langsung dengan data yang tersimpan di Bosch IoT Cloud. Smart Conveyor Belt juga memiliki kemampuan predictive maintenance, sehingga meminimalisasi down time dan jalur produksi menjadi jauh lebih efisien. dian

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *