Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian, Musdalifah Mahmud/ist

Kemitraan Perusahaan dan Petani Tingkatkan Daya Saing Sawit

Agrofarm.co.id-Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian, Musdalifah Mahmud mengatakan, untuk mengatasi berbagai permasalahan sawit salah satunya dengan membangun pola kemitraan antara perusahaan dengan petani sawit. Menurutnya, pola PIR yang telah dilaksanakan beberapa tahun lalu cukup baik dan tinggal penyempurnaan dibeberapa aspek.

“PIR dalam pelaksanaannya bisa menjadi model kemitraan antara perusahaan besar dengan petani kelapa sawit. Intinya adalah pemberdayaan dan meningkatkan daya saing sawit,” kata Musdalifah di Jakarta, Kamis (05/9/2019).

Musdalifah mengakui, beberapa kebijakan sudah disiapkan untuk agar sawit tetap memiliki daya saing yang kuat di pasar global.

“Jangan sampai sejarah terulang kembali, komoditi yang dulunya menjadi primadona kini tertatih-tatih untuk bertahan. Seperti karet, teh, kopi, cengkeh dan lain-lainnya,” ujar Musdalifah.

Menurut Musdalifah, semua keunggulan itu harus dibangun dengan sistem yang baik dan didukung dengan kebijakan yang tepat sehingga dapat berkembang dengan maksimal.

“Sawit adalah salah satu komoditas yang berhasil dan mampu bersaing di pasar global dan itu tidak terbagun dengan sendiri. Harus dilakukan bersama-sama,” jelasnya. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *