Alat-alat Pertanian Modern yang Sangat Membantu Pekerjaan Petani

Dunia pertanian kian berkembang dari waktu ke waktu. Di tengah tingginya tuntutan produksi hasil pertanian, para petani kini harus mulai menggunakan berbagai alat modern yang bisa sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Berbagai macam alat pertanian modern di bawah ini masih tergolong standar untuk dimiliki para petani, tapi manfaatnya sungguh luar biasa.

Entah itu petani skala besar atau skala kecil (atau bahkan mereka yang sekedar hobi berkebun dan bertani), alat-alat berikut ini rasanya perlu dimiliki. Mari simak baik-baik !

ATV dan UTV

sumber : recnation.net

Jika para petani biasa menggunakan mobil bak terbuka atau pickup, para petani modern menggunakan kendaraan ATV dan UTV. Kendaraan kecil khusus pertanian ini tidak hanya mempermudah petani melintasi area pertanian yang luas, tapi juga sangat serbaguna. Kendaraan ATV dan UTV dapat mengangkut banyak hasil pertanian, pupuk, peralatan pertanian, atau apapun ke area pertanian Anda. Harganya memang jauh lebih mahal dibandingkan kendaraan pickup biasa.

Meskipun Anda masih membutuhkan traktor untuk melakukan pekerjaan yang besar dan sulit, munculnya kendaraan ATV dan UTV yang kian populer telah memberikan opsi baru bagi para petani dan penghobi pertanian skala kecil yang membutuhkan mesin (relatif) murah, serbaguna untuk membantu pekerjaan pertanian mereka, dan tentunya sangat keren.

Gergaji listrik (chainsaw) dan alat pembelah kayu (log splitter)

sumber : Shopee Indonesia

Dulu, jika orang perlu memotong kayu dari sebuah pohon mereka harus menebang pohon menggunakan perkakas manual, menggergajinya dengan gergaji tangan hingga menjadi batang-batang kayu pendek, lalu membelah batang-batang kayu itu secara manual menggunakan kapak atau alat serupa. Itu adalah proses yang sangat lama dan melelahkan.

 

Tapi kini petani modern telah beralih menggunakan gergaji mesin dan alat pembelah kayu alias log splitter. Dengan menjalankan mesin kuat untuk melakukan tugas berat itu, kita dapat menghemat banyak waktu dan tenaga.

Penghancur daun (Leaf Shredder) dan pemotong kayu (Wood Chipper)

sumber : heavy.com

 

Ada banyak cara agar petani dapat memanfaatkan mulsa organik dan serpihan kayu. Dari menggiling cabang-cabang pohon dan memotong-motong daun menjadi potongan-potongan kecil, alat penghancur daun dan pemotong kayu tidak hanya mengurangi tumpukan sampah, tetapi juga mengubahnya menjadi bahan yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Manfaat alat penghancur daun dan pemotong kayu di dunia pertanian tidak bisa dipandang sebelah mata dan petani modern sebaiknya juga menggunakannya.

Penguji Tanah (Soil Tester)

sumber : inikuiri.com

Meskipun alat ini tidak seperti alat-alat di atas, alat penguji tanah alias soil tester masih merupakan sesuatu yang patut disyukuri oleh petani modern. Tanpa mengetahui tingkat pH dan kandungan nutrisi tanah Anda, sulit untuk mengetahui tanaman apa yang akan tumbuh subur di lahan Anda, upaya pembudidayaan lahan pun bisa menjadi sia-sia.**Baca Juga:Kementan Uji Petik Mutu Untuk Jamin Benih Padi Berkualitas

Untung nya, pengembangan alat tes sederhana dan murah mempermudah siapa saja untuk menguji tanah mereka sendiri. Dari alat penguji tingkat pH, sinar matahari, dan kelembaban hingga alat yang lebih kompleks dan menguji kadar nitrogen serta fosfor, ada beberapa pilihan soil tester untuk semua orang, jauh berbeda dengan masa lalu ketika alat tes sederhana ini belum ditemukan.

Masih banyak puluhan alat pertanian modern lainnya yang layak dimiliki oleh petani, pembudidaya tanaman, atau penghobi pertanian. Tak hanya menghemat waktu dan tenaga, alat-alat tersebut juga bisa membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian. So jika Anda mencari alat pertanian modern yang punya manfaat krusial, alat-alat di atas adalah jawabannya. Nah, alat mana nih yang paling menggoda hati Anda?