Lada hitam/ist

Ekspor Lada Hitam Asal Lampung Terus Meningkat

Agrofarm.co.id-Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah penghasil lada hitam yang banyak diminati negara lain. Selama tahun 2019, tak kurang dari 21 negara sudah membeli lada Indonesia asal Lampung. Terutama negara-negara di Uni Eropa, Amerika Serikat dan beberapa negara di Asia.

Berdasarkan data hingga bulan Juli 2019, tercatat ekspor lada biji Lampung ke luar negeri mencapai 5 juta kilogram pada periode tahun berjalan.

Karantina Pertanian Lampung memiliki peran yang sangat strategis dalam menjamin kesehatan komoditas lada hitam (Paper ningrum) di daerah ini. Mengingat komoditas ini tergolong dalam PSAT (Pangan Segar Asal Tumbuhan), menyebabkan banyak variabel keamanan pangan yang dipersyaratkan oleh negara tujuan dan harus dipenuhi oleh negara asal.

“Volume ekspor yang cukup besar bagi lada dari Lampung. Tahun 2019 sudah mencapai 5,3 juta kg hingga bulan ini. Kami meyakini akan terus bertambah seiring dengan capaian kualitas lada Lampung hingga diterima luas di pasar dunia. Oleh karenanya Karantina Pertanian Lampung secara rutin melakukan pendampingan dan pembinaan kepada eksportir,” ungkap Komarudin, Kepala Seksi Karantina Tumbuhan Lampung dalam keterangan resminya, Senin (29/7/2019).

Melalui kegiatan ini, Karantina Pertanian Lampung turut berperan aktif dalam pendampingan serta pembinaan eksportir lada hitam. Ini sebagai wujud komitmen agar kualitas tetap terjamin dan kontinuitas ekspor lada, tentunya demi akselerasi ekspor. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *