OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menantikan Aksi Nyata Pemerintah di Seantero Dunia Untuk Melindungi Laut

Agrofarm.co.id-Sejumlah masyarakat di 23 negara mengambil peran melalui aksi damai menciptakan gelombang manusia dengan nuansa berwarna biru. Aksi ini untuk memperingati Hari Laut Sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Juni lalu.

Dalam rilis yang diterima, Selasa (11/6/2019) dari Greenpeace Southeast Asia-Indonesia , di tangga Colosseum, di Roma, sejumlah orang melakukan gerakan gelombang manusia, sementara lautan manusia biru memenuhi beberapa jalan di Dakar. Dari kuil Wat Suthat di Bangkok ke masjid Hassan II di Casablanca, masyarakat berkumpul untuk mendesak perlindungan bagi laut.

Beberapa figur publik yang berada dalam daftar Duta Laut, seperti pemenang Oscar Javier Bardem, aktor China Li Yifeng, musisi China Tan WeiWei, serta aktris asal Inggris Helen Mirren pun turut serta menyuarakan dukungan mereka untuk lautan. Helen mengatakan, Penangkapan ikan yang berlebihan, perubahan iklim, pertambangan dan polusi plastik – telah merusak lautan kita. Tetapi sekarang kita memiliki kesempatan untuk membalikkan keadaan.”

Dari Santiago ke Bangkok, London ke Johannesburg, masyarakat di masing-masing negara menyerukan agar para pemerintahnya bernegosiasi di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuju Perjanjian Laut Internasional yang dapat membuka jalan bagi penciptaan jaringan suaka laut yang mencakup 30% perairan internasional pada tahun 2030.

Frida Bengtsson dari kampanye Protect The Oceans oleh Greenpeace menuturkan, Lautan kita sedang menghadapi krisis akut yang membutuhkan tindakan besar dan berorientasi solusi, juga kemauan politik untuk menghasilkan perubahan nyata. Pemerintah di seluruh dunia harus tahu bahwa mereka berada di bawah pengawasan publik secara besar-besaran ketika mereka menegosiasikan Perjanjian Laut Internasional di PBB.”

“Masyarakat di berbagai belahan dunia meminta para pemimpin mereka untuk melindungi kehidupan laut, seperti ikan paus dan kura-kura, untuk memastikan keamanan pangan bagi jutaan orang, dan menciptakan lautan sehat yang merupakan sekutu terbaik kita melawan perubahan iklim.”

Di Indonesia, sejumlah sukarelawan berkumpul di Kawasan Kota Tua, Jakarta serta di Anjung Seni Idrus Tintin, Pekanbaru-Riau, untuk melakukan aksi gelombang biru yang mendesak pemerintah agar serius melindungi laut.

“Laut sudah memberikan peringatan bagi kita untuk segera melakukan tindakan penyelamatan. Kita tahu semakin banyak satwa laut yang mati secara tidak wajar, baik karena tumpahan minyak bumi hingga sampah plastik. Oleh sebab itu, Greenpeace mendesak Pemerintah Indonesia melakukan tindakan nyata untuk melindungi laut kita, serta ambil bagian dalam mewujudkan Perjanjian Laut Internasional yang kuat, ujar Jurukampanye Laut Greenpeace Asia Tenggara Arifsyah Nasution. ir/rls

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *