Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Antanan Suhendi/ist

Budidaya Lidah Buaya Menguntungkan Petani

Agrofarm.co.id-Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Antanan Suhendi mengungkapkan, budidaya lidah buaya sangat menguntungkan petani, karena tanaman ini berkasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan kencatikan.

Dia menambahkan, lidah buaya selaim untuk kecantikan juga dapat mengatasi penyakit maag kronis dan panas dalam, flu dan stamina. “Karena itulah lidah buaya laku di pasaran,” kata Suhendi di Desa Cimande, Caringin, Kabupaten Bogor, Rabu (13/3/2019).

Untuk itu, dia membuat kapsul lidah buaya. Permintaannya sangat tinggi dari para penderita maag kronis.

“Bahkan, ada ahli kecantikan kemarin datang kesini untuk meneliti lender dari lidah buaya. Katanya bagus buat antioksidan. Lidah buaya khasiatnya luar biasa,” jelasnya.

Dia menyebutkan, lahan budidaya lidah buaya di P4S Antanan sekitar 3000 – 4000 meter. Dari total lahan yang ada sekitar 1.5 hektar. Tanaman ini panen satu kali dalam setahun, sedangkan usia tanaman bisa mencapai 15 sampai 20 tahun. “Kalau masuk masa panen, minimal sebulan panen sekali atau dua atau tiga kali. Tiap panen petani dapat 5 – 7 kuintal,” bebernya.

Dia menyebutkan, satu pelepah lidah buaya dihargai Rp 6.000. dengan berat satu pelepah minimal 0,5 atau 1 kilogram. “Satu bulan panen 2 ton dengan harga Rp 6.000 per pelepah, petani mendapat keuntungan Rp 12 juta,” kata Ketua Forum Komunikasi P4S Nasional.

Selain itu, penjualan kapsul lidah buaya tiap bulan sekitar 500 botol, dengan harga Rp 50.000. “Maka tiap bulan mengantongi keuntungan sebesar Rp 25 juta,” tambahnya.

Suhendi menambahkan, P4S Antanan awal berdirinya merupakan kelompok tani pada tahun 1975 dan resmi menjadi P4S pada 1995.

“Komoditas unggulan yang dibudidayakan di P4S saat ini yakni salak slebor dan lidah buaya. Meskipun sebelumnya berbagai bidang kami budidayakan berbagai tanaman buah, pupuk bokashi, dan ternak lebah,” pungkasnya. Bantolo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *