Dodi Reza Alex Noerdin. Bupati Musi Banyuasin berbincang dengan Direktur Pengolahan dan pemasaran Hasil Perkebunan (P2HP) Kementan Dedi Junaedi/ist

Terobosan Bupati Muba Dongkrak Harga Karet Petani

Agrofarm.co.id-Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus melakukan terobosan guna mendongkrak harga karet di tingkat petani. Salah satu kebijakannya adalah penggunaan aspal karet.

Kabupaten Muba berhasil melakukan ujicoba pengembangan karet alam sebagai bahan baku aspal jalan. Imbasnya Muba diganjar penghargaan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sebagai tiga Kabupaten terbaik se-Indonesia dalam penyelenggaraan infrastruktur PUPR 2018 kategori Inovasi Penerapan Teknologi Penyelenggaraan Pembangunan Infrastruktur PUPR.

“Ini upaya kami melakukan terobosan dalam membantu petani mendongkrak harga karet. Ditambah penguatan kemitraan antara perusahaan dengan Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB),” ujar Dodi Reza Alex Noerdin. Bupati Musi Banyuasin kepada Agrofarm, Jumat (21/12/2018).

Dia menegaskan, Kabupaten Muba ingin menjadi pionir penggunaan aspal karet di Indonesia. “Karet petani akan kita beli Rp 10.000 per kilogram (kg), diatas harga pemerintah sebesar Rp 7.500-8.000 per kg,” katanya.

Menurut Dodi, pihaknya akan merancang peraturan bupati soal kemitraan karet, Sehingga petani yang tergabung dalam UPPB mempunyai bargaining position yang lebih kuat di pasar.

“Muba berkeptingan dengan adanya UPPB, karena daerah sentra karet terbesar di Indonesia. Selain itu, UPPB terbanyak dan harga lelang paling tinggi se Indonesia,” terangnya.

Dodi mengungkapkan, apabila ingin mempengaruhi pasar karet dunia itu sulit, maka lebih baik memperkuat pasar dalam negeri. “Salah satunya dengan UPPB dapat meningkatkan harga karet yang sedang terpuruk saat ini. Animo petani cukup tinggi dalam mengikuti program UPPB tersebut,” katanya.

Dia berencana mengeluarkan aturan bupati bahwa setiap jalan wajib menggunakan aspal karet. “Ini penting agar dapat menyerap karet petani. Tidak perlu di ekspor, karet lebih baik digunakan dalam negeri saja,” jelas Dodi. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *