Biodiesel sawit/ist

2019, Industri Biodiesel Diperkirakan Serap 6 Juta Ton CPO

Agrofarm.co.id-Perluasan mandatori biodiesel 20% (B20) kepada non-PSO sejak diberlakukan September 2018 sudah mulai menampak hasil positif berupa meningkatnya serapan CPO di dalam negeri untuk biodiesel.

Berdasarkan data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), serapan biodiesel dari Januari Agustus hanya dikisaran 215 290 ribu ton per bulan, sejak September sudah mencapai 400 ribu ton dan pada Oktober ini mencapai 519 ribu ton.

“Pergerakan positif penyerapan CPO untuk biodiesel di dalam negeri tentunya membawa dampak pada stok CPO di dalam negeri,” ungkap Mukti Sardjono Direktur Eksekutif GAPKI dalam keterangan resminya, Sabtu (01/12/2018).

Apalagi saat ini implementasi perluasan B20 belum maksimal, perbaikan di sana sini sedang dilakukan, diharapkan dalam beberapa bulan ke depan serapan biodiesel akan maksimal. Salah satu perbaikan yang sedang dikerjakan adalah menurunkan jumlah titik serah FAME ke Pertamina dari 112 titik ke 25 titik saja.

“Jika serapan sudah maksimal maka diperkirakan tahun 2019 industri biodiesel akan menyerap 6 juta ton CPO,” ujar Mukti.

Optimisme Indonesia akan menjalankan B30 pada 2020 juga sangat kuat. Awal tahun 2019, roadtest untuk B30 akan dilaksanakan. Dengan serapan CPO yang semakin tinggi di dalam negeri, pasokan ke pasar global akan dapat berkurang. Sejalan dengan peningkatan penggunaan dalam negeri, ekspor juga mengalami peningkatan. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *