Teguh Wahyudi Direktur Utama PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN)/ist

RPN Akan Jadi Anak Usaha PTPN III Holding

Agrofarm-Kejelasan status PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) bakal terjawab pada bulan Agustus 2018 ini. Lembaga riset ini nantinya akan menjadi anak usaha Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero)

Hal itu dikatakan Direktur Utama PRPN, Teguh Wahyudi usai acara Halal Festival 2018 di Bogor, Sabtu (05/5/2018).

Dia berharap, kejelasan status RPN dapat rampung tahun ini. RPN akan dibawah naungan Kementerian BUMN. “Targetnya, penyelesaian status RPN rampung pada Agustus 2018,” ujar Teguh.

Menurutnya, adanya status dan aset jelas, maka gerak lembaga riset ini mejadi lebh leluasa. “Nantinya semua kebutuhan PTPN dapat dipenuhi oleh RPN. RPN akan menjadi anak usaha Holding Perkebunan Nusantara PTPN III,” jelasnya.

Teguh mengungkapkan, guna memperkuat RPN pihaknya akan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. “Ke depan RPN akan menambah peneliti,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini peneliti senior masih banyak, untuk itu, tenaganya akan tetap dibutuhkan guna mentraining dan transfer teknologi pada peneliti muda. “Selain itu, peningkatan sarara dan prasarana riset,” tuturnya.

Sementara itu, katanya, kemampuan RPN dalam penyediaan bibit perkebunan sekitar 30-40% dari total kebutuhan nasional. “Salah satu faktornya adalah RPN kesulitan dalam mengikuti skim pengadaan bibit. Misalnya sulitnya mencari ketertelusuran (traceability) pada bibit tebu,” ungkap Teguh. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *