Ikan kaleng/ist

Pemerintah Diminta Cabut Izin Impor Ikan Makarel

Agrofarm-Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago mendesak pemerintah agar mencabut izin impor ikan makarel yang ditemukan mengandung cacing dalam kaleng sarden.

Menurutnya makanan berbahan ikan yang mengandung cacing sebaiknya tidak dikonsumsi lagi. Dia meminta kepada pemerintah harus segera menghentikan pihak yang mengimpor ikan tersebut.

“Segera cabut izin impornya. Karena selain tidak memberikan untung untuk Indonesia, juga produk turunannya justru berbahaya jika dikonsumsi,” ungkap Irma dalam keterangan persnya, Rabu (04/4/2018).

Dia pun mengkritisi pernyataan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek yang menyatakan cacing dalam kaleng ikan sarden makarel tidak berbahaya jika ikan dimasak dengan benar.

“Cacing yang layak dimakan adalah cacing yang tidak memiliki efek samping ketika dikonsumsi seperti cacing tanah untuk obat, cacing sagu. Bukan cacing yang ada di makanan kaleng,” ujar Irma.

Politisi Partai NasDem ini pun mengaku heran dan tidak mengerti kenapa Menkes bisa mengatakan cacing dalam makarel tidak berbahaya jika ikan dimasak dengan benar. Padahal makanan yang dijual adalah ikan bukan cacing.

Berdasarkan hasil penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), cacing tersebut tidak berbahaya, tetapi tetap memiliki efek samping jika memasaknya tidak benar. Sehingga cacing tersebut tidak benar-benar mati. Efek sampingnya, menurut BPOM bisa menyebabkan alergi dan sakit perut. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *