Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melantik tiga Pejabat Eselon I di Lingkungan Kementerian Pertahanan (Kementan)/ist

Tingkatkan Kinerja Kementan, Mentan Lantik Tiga Pejabat Eselon I

Agrofarm-Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melantik tiga Pejabat Eselon I di Lingkungan Kementerian Pertahanan (Kementan). Hal ini dilakukan dalam rangka penyegaran dan meningkatkan kinerja Kementan.

Adapun pejabat yang dilantik diantaranya, Ir. Syukur Iwantoro, MS, MBA, sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen). Syukur sebelumnya menjabat Staf Ahli Bidang Investasi Pertanian.

Kemudian Dr. Ir. Suwandi, M.Si, sebagai Direktur Jenderal Hortikultura dari sebelumnya menjabat Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, dan Ir. Hari Priyono M.Si yang sebelumnya berposisi Sekretaris Jenderal digeser menjadi Staf Ahli Bidang Investasi Pertanian.

“Hari ini ada pelantikan tiga pejabat eselen I. Dirjen Hortikultura sebelumnya sudah memasuki masa pension pada Maret 2018. Ini merupakan hasil lelang secara terbuka. Lelang ini lebih trasparan dan dapat mendapatkan kader Kementan yang terbaik,” kata Mentan di Auditorium Gedung F Kementan, Jakarta Selatan, Senin, (26/3/2018).

Dia menambahkan, posisi Sekjen mutasi dengan pertimbangan penyegaran. Selanjutnya Staf Ahli Menteri Bidang Investasi sebagaimana arahan Presiden Joo Widodo guna menggenjot pertumbuhan ekonomi, maka investasi dan eskpor harus terus ditingkatkan.

“Posisi ini strategis karena ekspor pertanian meningkat tahun 2017 tumbuh 24%, dan tahun ini targetnya naik ketimbang tahun lalu,” ujar Amran.

Dia berharap, para pejabat Eselon I yang baru dilantik dan segenap jajarannya untuk meningkatkan kinerja ke depan, khususnya dalam menghadapi bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kami minta kepada selutuh jajran Kementan dan dinas pertanian propinsi maupun kabupaten seluruh Indonesia agar harga pangan lebih stabil,” jelasnya.

Sebelumnya tahun lalu, lanjut Amran, banyak pihak mengapresiasi kestabilan harga pangan karena terbaik dalam sepuluh tahun terakhir.

“Untuk itu, Kementan tidak boleh puas dengan kestabilan harga pangan tahun lalu. Kalu bisa tahun 2018 harga pangan lebih stabil,” ujar Amran. Bantolo