Produktivitas kopi rakyat masih rendah. (Ist)

Kopi Mobagu, Kopi Hitam Bercita Rasa Enak Asal Sulut

Agrofarm.co.id-Anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang mengatakan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), selain terkenal dengan pariwisata alam, kini juga punya destinasi pariwisata yang potensial, yaitu sentra kopi di Kota Mobago. Kopi hitam ini bercita rasa enak dan tidak terlalu pahit. Ke depan, diharapkan kopi Mobago bisa memperkaya khasanah kopi Nusantara.

“Saya pencinta kopi. Di Kota Mobago terkenal dengan kopinya yang pekat tapi tidak terlalu pahit. Ini perlu didorong jadi destinasi pariwisata,” ungkap Vanda dikutip, Jumat (02/3/2018).

Selain itu, katanya, di Mobago, di Kabupaten Bolang Mongondow juga ada sentra kopi yang bisa dieksplorasi menjadi destinasi wisata alternatif.

Menurutnya, wisata kuliner di Sulut tidak hanya bubur manado, ada banyak kuliner lainnya yang bisa diunggulkan menjadi destinasi pariwisata. Ada ikan yang oleh masyarakat di Sulut dianggap baru mati sekali.

Dia menuturkan, ikan itu segar dan rasanya enak. Tidak seperti ikan pada umumnya yang diperjualbelikan dengan rantai distribusi yang panjang, sehingga ikan kehilangan kesegaran dan cita rasanya. Oleh masyarakat Sulut, ikan yang sudah mengalami diatribusi panjang itu dianggap sudah mati berkali-kali.

“Soal wisata kuliner, selain bubur manado yang isinya sayur-sayuran, juga ada kopi, kue-kue tradisional dari gula aren, dan ikan yang khas, karena baru sekali mati. Jadi manis rasanya. Sulut punya ‘segalanya’ untuk destinasi wisata. Sulut kaya wisata alam, kaya budaya, kaya kuliner, dan juga kaya wisata religi karena terkenal dengan kerukunan beragamanya,” jelas Vanda. Bantolo

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *