Rizal Ramli, saat memanen padi bersama kelompok petani di Desa Penggalang, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Banten/ist

Rizal Ramli: Impor Beras Harus Diaturlah Timing-nya

Agrofarm.co.id-Rizal Ramli, mantan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman RI tahun 2015-2016 meminta pemerintah untuk lebih memperhatikan petani, terlebih kini tengah melakukan import beras dari Vietnam.

“Jangan jadi raga tega gitu loh, yang penting saya dapat uang dari import, enggak peduli lah nasib petani gimana,” kata Rizal Ramli, saat memanen padi bersama kelompok petani di Desa Penggalang, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (13/02/2018).

Menurutnya, jika irigasi persawahan dapat ditata dengan baik, maka Indonesia bisa memanen padi sebanyak tiga kali dalam setahun. Karena memiliki sinar matahari dan sumber air yang berlimpah.

“Saya minta Mentan, bangun sawah baru dua juta hektare, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan sebagian Sumatera. Di negara lain, kalau enggak ada beras, pemerintah nya bisa jatuh,” jelasnya.

Pria berkacamata yang akrab disapa RR ini, menjelaskan kalau dirinya sepakat import, jika saat musim paceklik. Dimana, para petani gagal memanen hasil tanam padinya.

“Kalau perlu banget, saya juga enggak keberatan import, tapi diaturlah timing-nya. Pas paceklik baru import. Anak SD juga ngerti, masa menterinya harus diajarin anak SD,” terangnya.ir/k6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *