Presiden Jokowi melakukan penanaman perdana kelapa sawit/ist

Luas Perkebunan Sawit Indonesia Tembus 14,03 Juta Ha

Agrofarm.co.id-Luas perkebunan kelapa sawit Indonesia saat ini tercatat 14,03 juta hektare (ha), dari sebelumnya seluas 11,9 juta ha.

“Kita jangan kaget karena sebelumnya luasan sekitar 11,9 juta ha. Namun setelah merapikan data kebun sawit yang belum terdaftar. Sehingga total luasnya 14,03 juta ha,” ujar Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang Wahyudwiantoro dalam Seminar Nasional dengan tema ‘Kiat Sukses Replanting dan Meningkatkan Produktivitas Sawit Secara Berkelanjutan’, di Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Dari luasan tersebut, sebanyak 5 juta hektare tercatat sebagai lahan sawit yang dikelola oleh rakyat. Dia menyebutkan, rata-rata produktivitas sawit rakyat sekarang baru sekitar 1 ton hingga 2 ton per ha.

Dengan tingkat produktivitas dibawah standar potensial yang harus dicapai. “Ini pekerjaan rumah kita semua, kalau setidaknya produksi minyak sawit mencapai 8 sampai 10 ton per ha. Sedangkan rata-rata nasional baru sekitar 3,5 ton per ha,” jelasnya.

Menurutnya, apabila produksi bisa ditingkatkan menjadi 10 ton per ha, maka produksi sawit nasional akan meningkat tiga kali lipat dan dapat mensejahterakan rakyat.

Dia menjelaskan, saat ini sawit Indonesia menghadapi pelbagai persoalan dari mulai isu dunia internasional yang menolak keberadaan sawit.

“Isu lingkungan, sosial, hak asasi manusia, deforestasi, gambut dan kebakaran hutan. Isu yang dihembuskan ini dilatarbelakangi oleh persaingan dagang,” ujar Bambang.

Untuk itu, katanya, butuh dukungan semua pihak bahwa perkebunan sedang mengalami tantangan yang luar biasa karena komoditi pesaing tidak menghendaki industri perkebunan sawit Indonesia maju. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *