Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Ist).

Mentan : Anggaran Pertanian Fokus pada Peningkatan Produksi

Agrofarm.co.id-Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman minta kepada peserta Rapat Koordinasi Teknis (Rakorteknis) Perencanaan Pembangunan Pertanian 2019 fokus kepada sektor yang dapat mengangkat produksi pertanian.

“Usulkan ke Gubernur dan Bupati, susun anggaran yang fokus kepada peningkatan produksi” kata Amran usai membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Pertanian Tahun 2019 di Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Lebih lanjut Amran menjelaskan, anggaran harus fokus kepada peningkatan kesejahteraan petani, seperti ketersediaan air, pengadaan bibit unggul, pupuk tepat waktu, alat mesin pertanian seperti RMU penggilingan, processing/packaging pertanian yang menarik, dan tentunya perbaikan regulasi.

“Sampai dengan saat ini kita sudah mencabut 241 regulasi pertanian yang menghambat, bahkan kedepannya akan ada 50 potensi regulasi yang akan dicabut,” ujar Amran.

Dia menyebutkan, anggaran Kementan tahun ini mencapai Rp 22,6 triliun atau meningkat Rp 1,5 triliun ketimbang tahun lalu.

Mentan menyampaikan agar tetap optimis melihat potensi besar di Indonesia ada di sektor pertanian.

Adapun Rapat Kordinasi Teknis ini mengangkat tema Penguatan infrastruktur dan korporasi petani untuk percepatan pertumbuhan sektor pertanian berkualitas. Rapat koordinasi ini bertujuan untuk mensinergikan usulan kebijakan dari daerah (provinsi/kabupaten/kota) untuk dilakukan penyelarasan dengan kebijakan yang ada di pusat (kementerian). Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *