Direktur Keuangan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk Lucas Kurniawan (kiri)/ist

2018, Austindo Nusantara Siapkan Capex Rp 1,2 T

Agrofarm.co.id-PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) Rp1,2 triliun di tahun 2018.

Direktur Keuangan ANJ, Lucas Kurniawan mengatakan, pada tahun ini perseroan menganggarkan belanja modal sebesar Rp 1,2 triliun.

Dana tersebut dikucurkan untuk pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) di Papua Barat Rp 189 miliar, pembangunan unit frozen line untuk ekspor edamame Rp 86 miliar, peremajaan (Replanting) di Kebun Belitung, penanaman dan pembangunan Infrastruktur di Papua dan Papua Barat

Menurutnya, pada tahun ini tetap fokus pada kelapa sawit lantaran kontribusi pendapatan utama perusahaan. “Walaupun demikian, kami juga akan terus berupaya mengembangkan produk non-sawit, termasuk sagu dan edamame,” ujar Lucas dalam keterangan resminya, Kamis (01/2/2018).

Lucas menambahkan, peremajaan kebun sawit akan terus dilanjutkan. “Pada 2018 ANJ menargetkan peremajaan di Kebun Belitung dan Binanga dengan total (dari 2 kebun tersebut) seluas 1500 hektar,” bebernya.

Dia menargetkan, produksi edamame segar akan meningkat. Namun di tahun ini fokus untuk penyelesaian pembangunan unit frozen line serta mendapatkan sertifikasi keamanan pangan. “Sehingga kami dapat memulai ekspor edamame beku di 2019,” ungkap Lucas.

Dia menuturkan, pembangunan masih berjalan sesuai jadwal, seluruh pekerjaan pembangunan pabrik pemrosesan edamame beku ditargetkan akan rampung pada kuartal III 2018.

“Kerjasama ANJ-Asia Foods terhadap penjualan edamame baru akan memberikan kontribusi pada tahun 2019 saat kami memulai ekspor edamame beku,” jelasnya.

Pada tahun ini perusahaan menargetkan produksi sagu akan terus ditingkatkan di tahun 2018. “Kami masih melakukan uji coba (trial) dengan alat-alat panen dan produksi yang sesuai untuk tanaman sagu alam di Papua Barat. Uji coba ini kami harapkan dapat memberikan hasil pada kuartal III 2018,” terangnya.

Adapun produksi minyak sawit mentah (CPO) ANJ pada tahun 2017 tercatat sebanyak 210,248 ton, palm kernel (PK) 44.037 ton dan tandan buah segar (TBS) mencapai 730.356 ton. Perusahaan menargetkan produksi CPO tahun ini sebesar 219.284 ton atau meningkat 4,3% ketimbang tahun 2017. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *