Direktur Utama PT RNI B. Didik Prasetyo melakukan Wiwitan Petik Teh atau petik perdana pucuk teh/ist

Mitra Kerinci Catat Rekor Laba Tertinggi

Agrofarm.co.id-PT Mitra Kerinci, anak perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) melaksanakan Wiwitan Petik Teh atau petik perdana pucuk teh. Ini sebagai bentuk rasa syukur karena perusahaan telah melampau target tahun 2017.

Direktur Utama PT RNI B. Didik Prasetyo mengatakan, tradisi ini sekaligus merupakan perwujudan doa dan harapan masyarakat sekitar yang notabene berprofesi sebagai pegawai di perkebunan dan pabrik Mitra Kerinci. “Harapannya agar tahun 2018 kinerja PT Mitra Kerinci semakin lebih baik,” ungkap Didik dalam siaran persnya, Kamis (4/1/2017).

Didik menjelaskan, Wiwitan Petik juga menjadi penanda dan penyemangat bahwa di tahun 2018 ini Mitra Kerinci siap mengulang bahkan melampaui sukses tahun 2017 yang telah dicapai. Kinerja Mitra Kerinci di tahun 2017 mampu mengukir rekor capaian laba tertinggi sepanjang 27 tahun perusahaan ini berdiri.

Selain itu, meskipun memiliki luas areal tanaman efektif 1.081 ha namun PT Mitra Kernci mampu memproduksi teh kering sebanyak 3.900 ton atau produktivitas tercapai sebesar 3,9 ton teh kering per ha.

“Jumlah tersebut di atas rata-rata produktivitas teh kering nasional tahun 2016 sebesar 1,6 ton per ha. Hal tersebut diikuti capaian angka penjualan mendekati Rp70 Miliar,” kata Didik.

Sementara itu, Direktur PT Mitra Kerinci Yosdian Adi mengatakan, melalui tradisi Wiwitan Petik perusahaan berupaya berkontribusi pada pelestarian budaya serta pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. Ia berharap Wiwitan Petik dapat dilaksanakan setiap tahun dan bisa menjadi bagian dari agenda wisata budaya Kabupaten Solok Selatan.

“Ada nilai luhur yang terkandung dalam Wiwitan Petik Teh, salah satunya sebagai simbol dari keberagaman dan akulturasi tiga kebudayaan yang tumbuh kental di lingkungan perkebunan, yaitu Budaya Minang, Jawa, dan Sunda,” ujarnya.

Wiwitan Petik Teh sendiri mengadopsi makna dari wiwitan petik padi yang merupakan tradisi Suku Jawa, namun cara yang digunakan mengikuti cara petik teh perdana yang lazim dilaksanakan di Tatar Sunda dan disemarakan dengan nuansa adat istiadat ranah Minang yang kental.

“Kami berharap mampu menarik lebih banyak wisatawan yang datang berkunjung sehingga dapat berkontribusi positif menghidupkan ekonomi lokal. Apalagi dengan pemadangan yang indah dan udara yang sangat sejuk kebun Liki berpotensi sebagai daerah tujuan wisata. Di areal kebun Liki juga terdapat air terjun Tansi Ampek yang tidak kalah indahnya,” papar Yosdian.

Ia mengatakan, pada Wiwitan Petik tahun ini juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara PT Mitra Kerinci dengan Universitas Terbuka. Kerjasama tersebut bertujuan untuk penyediaan fasilitas pengembangan pendidikan di wilayah Solok Selatan sekaligus sebagai bentuk CSR PT Mitra Kerinci kepada masyarakat sekitar. Menurutnya, kegiatan ini dalam rangka mendukung visi Kabupaten Solok Selatan, yaitu sejahtera dan religius.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria yang hadir pada acara Wiwitan Petik mengatakan, Mitra Kerinci merupakan perusahaan kebanggan masyarakat Solok Selatan yang banyak memberikan kontribusi bagi daerah. Untuk itu, Ia mengatakan sangat mendukung gelaran Wiwitan Petik menjadi acara budaya yang rutin dilaksanakan.

Seperti pada tahun sebelumnya, gelaran Wiwitan Petik Teh selalu diikuti oleh berbagai kemeriahan, seperti pasar malam, kesenian tradisional, pasar murah, serta beragam aksi sosial yang dilakukan PT Mitra Kerinci.

Lebih lanjut, Didik mengatakan, untuk menjaga konsistensi kinerja Mitra Kerinci pada level yang tinggi, perusahaan telah mulai melakukan pemanfaatan sistem teknologi informasi. Sistem yang dinamakan SAUB atau Sistem Analisis Usaha Perblok tersebut resmi diluncurkan bersamaan dengan pelaksanaan Wiwitan Petik. Bantolo

10 comments

  1. Hi there, I wish for to subscribe for this web site to take newest
    updates, therefore where can i do it please assist.

  2. I’m gone to convey my little brother, that he should also visit this website
    on regular basis to take updated from latest gossip.

  3. What’s up to every body, it’s my first pay a quick
    visit of this webpage; this weblog carries remarkable and really excellent
    information designed for visitors.

  4. It’s the best time to make some plans for the future and it’s time to be happy.
    I’ve learn this put up and if I could I wish to suggest you some interesting things or advice.
    Maybe you could write subsequent articles regarding this article.

    I desire to learn more things about it!

  5. Link exchange is nothing else however it is
    just placing the other person’s webpage link on your page at suitable place and other person will also do same
    in support of you.

  6. This site was… how do you say it? Relevant!! Finally I’ve
    found something that helped me. Thanks a lot!

  7. We’re a bunch of volunteers and starting a brand new scheme in our community.
    Your website provided us with useful information to work on. You’ve done a formidable task
    and our whole group can be grateful to you.

  8. Great post. I’m going through some of these issues
    as well..

  9. you are actually a good webmaster. The site loading velocity
    is incredible. It kind of feels that you are doing any distinctive trick.
    In addition, The contents are masterpiece. you’ve
    done a magnificent task in this topic!

  10. I think the admin of this web page is truly working hard in favor of
    his site, as here every material is quality based information.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *