2018, Astra Agro Bangun Satu PKS di Kalsel

Presiden Direktur PT Astra Agro Lestari Tbk, Santosa/ist

Agrofarm.co.id-PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) ke depan akan berfokus pada peningkatan produktivitas tanaman serta peningkatan kapasitas olah pabrik kelapa sawit yang dimiliki. Pada tahun 2018 ini, akan menambah satu pabrik kelapa sawit (PKS) baru di area Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan kapasitas produski sebesar 45 ton per jam yang nantinya bisa ditingkatkan sampai dengan 60 ton per jam.

Hal itu diungkapkan Presiden Direktur PT Astra Agro Lestari Tbk, Santosa pada acara Workshop Wartawan dengan tema “Talk to The CEO” di Jambuluwuk Batu Resort Malang, Rabu (24/1/2018).

Menurutnya, pembangunan PKS baru ini ditujukan untuk mengolah hasil kebun inti baru yang akan masuk ke usia tanaman menghasilkan di tahun 2019 serta menangkap peluang peningkatan pasokan TBS dari perkebunan plasma maupun mandiri yang ada disekitarnya.

Tahun 2017, Astra Agro melakukan peresmian satu pabrik percampuran pupuk (NPK blending plant) yang berlokasi di Bumihardjo, Kalimantan. Kehadiran pabrik tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan terhadap pupuk secara efektif dan efisien. “Investasi pembangunan satu PKS sekitar Rp 250-300 miliar,” ungkap Santosa.

Astra Agro juga akan melakukan replanting pada beberapa kebun inti untuk menjaga produktivitas kebun sawit. Selain itu, Astra Agro juga akan mengembangkan bisnis trading CPO. Diharapkan pola tersebut dapat meningkatkan kapasitas penjualan produk CPO, baik itu melalui program kemitraan dengan kebun rakyat maupun swadaya.

Selain dalam bidang perkebunan kelapa sawit, Astra Agro telah melakukan diversifikasi usaha pengembangan peternakan sapi dalam bentuk pembibitan (breeding) dan penggemukan (fattening).

“Pengembangan peternakan sapi ini menangkap peluang dari pemerintah dalam program integrasi sawit sapi. Dalam jangka panjang, lini bisnis peternakan sapi ini diharapkan bisa menjadi salah satu unit usaha yang kompetitif,” terangnya.Bantolo

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*