Bambang Dirjen Perkebunan Kementan/ist

2018, Kementan Bagikan 46 Juta Benih Perkebunan

Agrofarm.co.id-Tahun 2018 Kementerian Pertanian (Kementan) mencanangkan sebagai tahun benih nasional. Untuk itu, tahun depan pemerintah akan membagikan 46 juta benih komoditas perkebunan secara gratis kepada petani.

Bambang Dirjen Perkebunan Kementan mengungkapkan, dalam upaya membangkitkan kejayaan perkebunan pihaknya akan fokus memfasilitasi dan memberikan bantuan benih. Kemudian membangun desa mendiri benih, sarana produksi, pupuk, dan obat-obatan.

“Tahun ini Kementan telah membagikan 30 juta benih perkebunan yang dibagikan kepada masyarakat. Tahun 2018 akan memberikan 46 juta benih semua komoditas strategis,” ujar Bambang usai Peringatan Hari Perkebunan ke-60 di Yogyakarta, Sabtu (9/12/2017).

Benih komoditas tersebut diantaranya :kopi, pala, lada, kakao, tebu, teh, cengkeh, karet, kelapa dan sawit.

Dia menambahkan, dalam pemberian benih untuk masyarakat disesuaikan dengan pengembangan komoditas perkebunan daerah yang ada.

Adapun, anggaran APBN 2018 untuk Direktorat Jenderal Perkebunan mencapai Rp 1,6 triliun, meningkat dari tahun ini sebesar Rp 1,1 triliun.

Menurutnya, dibutuhkan kehadiran pemerintah dalam pengembangan perkebunan rakyat. Negara harus hadir memberi perhatian terhadap komoditas strategis tersebut. Apabila sudah terlanjur rusak, biaya untuk memperbaiki sangat mahal sekali.

“Makanya kita akan bersama-sama memperbaiki komoditas perkebunan yang ada dengan meningkatkan produksi dan produktivitasnya. Kami sadar membangun perkebunan jangan hanya mengandalkan kemampuan pemerintah saja, tetapi peran pemuda, petani, swasta juga diperlukan agar perkebunan berjaya di masa mendatang,” ungkap Bambang.

Bambang menjelaskan, supaya sektor perkebunan menjadi tangguh, tidak bisa hanya mengandalkan APBN saja. “Namun dapat menghimpun dana dari komoditas untuk komoditas. Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang No.39 tahun 2014 tentang Perkebunan,” paparnya.

Dia mencontohkan, lahirnya Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) merupakan salah satu wujud amaanat UU Perkebunan, memungut dana sawit untuk dikembalikan lagi guna membangun industri kelapa sawit. Bantolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *