Taman Air Mancur Sri Baduga atau yang juga dikenal sebagai The Dancing Fountain (Air Mancur Menari)/hms

Purwakarta Kota Seribu Taman Sejuta Wisata

Agrofarm.co.id-INDEKS kebahagiaan masyarakat suatu kota bisa dilihat dari keberadaan taman kota sebagai salah satu pusat kegiatan masyarakat. Demi meningkatkan kebahagiaan masyarakat pula, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta memikiki kebijakan menambah dan menata kembali keberadaan taman kota di wilayahnya.

Perhatikan saja, hampir di setiap persimpangan jalan di Purwakarta pasti ada taman yang menghiasinya. Meski kecil, namun keberadaannya mampu memberikan sentuhan manis yang indah dan menambah asri lingkungan.

Yang termahsyur sudah pasti Taman Air Mancur Sri Baduga atau yang juga dikenal sebagai The Dancing Fountain (Air Mancur Menari). Keberadaannya sudah menjadi syarat wajib dikunjungi bagi wisatawan yang datang ke Purwakarta. Betapa tidak, Taman Air Mancur yang diklaim sebagai yang terbesar di Asia Tenggara ini sungguh memesona, mampu menuai decak kagum siapa pun yang melihat keindahannya.

Taman Air Mancur Sri Baduga dirancang oleh putra asli Purwakarta bernama Hery Sugihardi. Rancangannya sangat elegan dan tidak sekadar mengutamakan faktor estetika semata. Di balik keindahan dan kemegahannya tersimpan filosofi nilai-nilai asli Indonesia. Pencahayaannya, misalnya, menjadi cahaya pelangi dengan mengandalkan lima warna dominan yakni biru, merah, kuning, hijau dan ungu.

Perpaduan warna tersebut, menurut Hery, memiliki filosofi Indonesia yang menggambarkan keragaman suku, ras, agama dan budaya dan terbingkai dalam Bhineka Tunggal Ika dan Falsafah Pancasila. Tak heran, keberadaan Taman Air Mancur Sri Baduga kini sejajar dengan Swings of Time yang terletak di Singapura dan Danau Burj Khalifa yang terletak di Dubai.

Bahkan, Presiden RI Joko Widodo yang kala peresmian Taman Air Mancur Sri Baduga berhalangan hadir, akhirnya menyempatkan diri berkunjung dan menikmati keindahan pancaran air yang meliuk-liuk mengikuti irama musik, berpadu dengan warna warninya efek cahaya. Ini hebat. Terlebih yang merancangnya lulusan SMK. Luar biasa, kata Presiden waktu itu

Taman Air Mancur Sri Baduga memiliki kurang lebih 100 pipa yang bisa memancarkan air setinggi 10 meter. Pipa air tersebut mengelilingi taman air (situ) seluas 2 hektare. Berhiaskan kerlap-kerlip lampu dengan paduan warna yang cantik, dan juga musik yang membuat air seolah menari mengikuti irama.

Saat taman ini diresmikan medio Februari 2017 lalu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menaruh harapan dengan keberadaan taman air mancur ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan kebahagiaan masyarakat.

Saya mengapresiasi Pemkab Purwakarta membuat taman yang indah, lengkap dengan atraksi berupa air mancur dan pertunjukan kesenian. Ini juga wujud dari semangat Pemkab Purwakarta yang ingin meningkatkan unsur Atraksi, Amenities, dan Aksesibilitas dan dapat membuahkan hasil dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke sini, kata Arief kala itu.

Taman Air Mancur Sri Baduga dibuka untuk umum, dan bagi pengunjung tidak dipungut biaya untuk menyaksikan pertunjukan tarian air mancur ini. Namun, bagi yang ingin menyaksikan pertunjukan air mancur di Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta ada baiknya menyesuaikan waktu kunjungan menjelang jam pertunjukan, yakni digelar rutin setiap Sabtu malam pada pukul 19.30 WIB dan berakhir pukul 22.30 WIB.

Minggu paginya, Taman Air Mancur Sri Baduga tetap ramai dikunjungi warga beserta keluarganya. Bukan untuk melihat pertunjukkan air mancur, namun untuk memberi makan puluhan ton ikan yang sengaja dikembangkan di situ. Pengunjung pun bisa membeli pelet ikan seharga Rp5.000 untuk ditaburkan ke permukaan danau, sejurus kemudian ikan-ikan berukuran besar dijamin bakal berebut melahap pelet itu.

Tak jauh dari Taman Air Mancur Sri Baduga ada Taman Cerdas Surawisesa yang ramah anak, di mana anak-anak Purwakarta bisa menghabiskan waktu luangnya bermain dengan teman-temannya di taman ini. Sesuai namanya, taman ini memang dikhususkan bagi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, terutama sekolah dasar.

Nanti kita pasang teropong bintang, halma berukuran besar, juga leuit kaulinan yang berfungsi sebagai pusat pengetahuan mengenai pertanian untuk anak, kata Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH, beberapa waktu lalu.

Taman ini sepertiganya juga dilengkapi oleh panggung besar yang sering digunakan sebagai tempat pertunjukkan. Panggung tersebut dilengkapi dengan layar sangat besar atau megatron. Hingga saat ini Pemkab Purwakarta terus melakukan penambahan fasilitas agar anak-anak betah bermain di taman itu.

Keberadaan Taman Air Mancur Sri Baduga dan Taman Cerdas Surawisesa merupakan bagian dari destinasi 1.000 taman di Purwakarta. Ada pun taman lainnya yang kerap direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Taman Maya Datar, Taman Pancawarna, Taman Pesanggrahan Padjajaran, Taman Pembaharuan, Taman Wakuncar, dan taman-taman lainnya.

Untuk menarik para pengunjung, taman-taman tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas air siap minum, serta beberapa spot untuk para penghobi berswafoto. Mau selfie atau wefie sama serunya.(adv)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *